Home Bisnis 10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend & Auto Cuan!
usaha rumahan yang lagi trend

10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend & Auto Cuan!

by Titis NP

Bisnis rumahan memang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, walaupun sebenarnya siapa saja bisa menjalankannya. Apalagi saat ini ada banyak sekali pilihan usaha rumahan yang lagi trend dan menguntungkan, tapi dengan modal usaha yang minim.

Cara memperoleh penghasilan dan juga menghilangkan kebosanan bisa dengan membuka usaha rumahan dengan modal kecil. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin tinggi, membuat bisnis rumahan apapun menjadi lebih mudah.

Bisnis rumahan ini menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, karena waktu dan lokasi tempat berbisnisnya pun sangat fleksibel. Berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan di kantor yang sifatnya lebih mengikat.

Jenis-jenis Usaha Kecil yang Lagi Trend

Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka usaha yang dijalankan saat ini akan berpeluang menjadi usaha besar. Usaha rumahan ini bisa menjadi passive income dengan keuntungan melimpah. Berikut ini jenis-jenis bisnis rumahan yang lagi trend yang bisa dicoba:

1. Jualan Online

Berjualan menjadi salah satu cara terbaik dalam menghasilkan uang. Kini, banyak orang yang mulai berjualan online karena lebih praktis dan lebih mudah. Orang-orang tetap bisa memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar dari rumah.

Peluang ini bisa dijadikan ladang usaha rumahan dengan keuntungan yang melimpah. Apalagi jangkauan pasar jualan online lebih luas dibandingkan berjualan offline. Modal yang dikeluarkan dalam berjualan online juga tidak akan terlalu besar.

Sehingga jualan online saat ini menjadi salah satu pilihan dari bisnis rumahan yang sedang populer. Apabila terkendala dengan persediaan barang karena tidak ada modal sama sekali, maka cobalah untuk berjualan online dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Baca Juga  12 Cara Cari Uang Tambahan di Masa Pandemi Tanpa Modal!

Sampai modal bisa terkumpul dan bisa menyediakan stok barang hingga memiliki toko online sendiri.

2. Jasa Catering

Usaha rumahan yang lagi trend lainnya adalah dengan membuka jasa catering. Pilih menu apa saja yang sekiranya akan dimasukkan pada usaha catering tersebut. Pilih varian menu bergizi, bervariasi, tapi rasanya lezat dan menjadi yang utama.

Setelah itu cobalah untuk melakukan promosi baik secara online maupun offline. Untuk promosi secara offline bisa dengan membuat banner yang dipasang di depan rumah, atau menawarkan secara langsung pada tetangga, teman, dan saudara.

Untuk promosi secara online cobalah untuk mempromosikannya melalui sosial media seperti misalnya menggunakan Instagram, Facebook, atau bisa juga Whatsapp. 

3. Jasa Laundry

Tak hanya jasa catering saja, bisnis rumahan lainnya yang juga bisa dicoba adalah dengan membuka jasa laundry. Contohnya laundry cuci kering, cuci bedcover, cuci setrika, dan masih banyak lagi.

Usaha laundry ini bisa menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Banyak orang yang mencari jasa cuci pakaian, boneka, selimut dan sebagainya. 

Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, membuat mereka tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri di rumah. Sesuaikan layanan produk jasa laundry tersebut dengan kebutuhan masyarakat secara umum.

Maka usaha tersebut bisa terus berkembang dan jumlah pelanggan akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

4. Freelancer Writer

Untuk pelaku usaha yang memiliki keahlian tertentu, juga bisa mencoba usaha rumahan berdasarkan keahlian tersebut misalnya keahlian dalam menulis. 

Misalnya dengan menjadi freelancer writer dengan jam kerjanya yang fleksibel, minim modal, dan bisa dikerjakan di mana saja. Namun dengan menjadi freelancer writer tentu harus memiliki keahlian dalam menulis, misalnya mampu menulis sesuai PUEBI.

Baca Juga  10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

Dapat menentukan topik/niche yang dikuasai agar hasil tulisannya pun lebih baik, berkualitas, dan ada manfaatnya bagi para pembaca. 

5. Budidaya Ikan Hias

Coba juga usaha rumahan yang lagi trend lainnya saat ini dipasaran, yaitu budidaya ikan hias. Mungkin awal mulanya dianggap sebagai hobi tapi lama kelamaan keuntungannya bisa berlipat ganda.

Mulai saja dengan berjualan ikan-ikan kecil terlebih dulu sampai ikan predator yang lebih banyak diminati banyak orang. Saat ini banyak orang khususnya pecinta ikan hias yang diperjualbelikan untuk dipelihara dan mengisi aquarium.

Ikan hiasa dapat membantu pemiliknya dalam menghilangkan penat setelah seharian bekerja. Tak heran jika banyak orang yang memerlukannya dengan beragam jenis ikan hias berbeda.

6. Berjualan Produk Kecantikan

Untuk bisa menghasilkan penghasilan sampingan atau tambahan, bisa juga dengan mencoba usaha rumahan seperti berjualan produk kecantikan seperti kosmetik atau skincare. 

Banyak brand-brand produk kecantikan lokal yang membuat membership dengan membuka reseller bagi orang-orang yang ingin berjualan produk tersebut. Hal ini juga menjadi salah satu peluang yang baik untuk menghasilkan keuntungan.

Hanya dengan berjualan produk kosmetik atau skincare saja tapi sudah bisa mendapatkan keuntungan, tanpa harus ikut memproduksinya. Kemudian lakukan strategi pemasarannya dengan tepat agar penghasilan yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan.

7. Berjualan Jajanan atau Makanan Kekinian

Usaha yang berkaitan dengan berjualan makanan/jajanan kekinian juga bisa menjadi usaha rumahan yang menjanjikan. 

Banyak sekali pilihan makanan ringan yang diminati banyak orang saat ini seperti misalnya corndog, donat beraneka rasa, churros, craffle, hingga snack ringan yang inovatif dan bisa dijual menjadi usaha rumahan.

Produk tersebut bisa dijual melalui promosi sosial media, dipasarkan juga di marketplace atau bisa juga berjualan langsung di rumah.

Baca Juga  10+ Ide Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan

8. Translator Bahasa Asing

Usaha rumahan yang lagi trend dan menjanjikan berikutnya adalah dengan menjadi translator bahasa asing. 

Usaha rumahan ini sangat cocok dan sangat menjanjikan, tetapi harus diiringi dengan kemampuan/keahlian dalam berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris. Dengan modal bahasa asing yang dimiliki, keuntungan yang diraup bisa cukup besar.

Misalnya menerjemahkan cerita novel, komik, atau subtitle di film atau serial drama, bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi usaha rumahan ini tidak membutuhkan modal hanya dibutuhkan keahlian saja.

Agar lebih efektif cobalah untuk menggunakan platform internet yang memberi tugas menerjemahkan sesuatu.

9. Usaha Minuman Kekinian

Tak hanya bidang makanan saja, tapi banyak juga usaha minuman kekinian yang juga menjadi jenis usaha yang menjanjikan. Usaha minuman tersebut masih eksis sampai sekarang, karena banyak sekali jenis minuman kekinian yang terus bermunculan.

Jenis-jenis minuman yang dibuatnya pun simpel dan sangat pas untuk menjadi ide usaha rumahan saat ini. Misalnya minuman seperti es doger, thai tea, teh poci, sop buah, boba, beragam olahan minuman kopi dan banyak juga jenis minuman kekinian lainnya.

10. Jasa Jahit Pakaian

Usaha rumahan berikutnya yang tak kalah trend adalah membuka usaha jasa jahit pakaian. Usaha rumahan yang satu ini sangat prospektif apalagi jika terus dikembangkan dengan benar dan keuntungan terus bertambah.

Tak hanya menerima pesanan dari customer saja, tapi coba juga memproduksi pakaian dalam jumlah banyak. Setelah itu dijual di e-commerce atau bisa juga di sosial media. Cobalah membuat pakaian yang kualitasnya baik dengan model yang bervariasi.

Dari sekian banyaknya usaha rumahan yang lagi trend tersebut, tentu diperlukan modal. Jika memerlukan modal usaha, cobalah untuk mengajukan pinjaman di gadaikendaraan.com dengan sejumlah kelebihannya dan banyak juga promo menguntungkan untuk para peminjam.

Related Posts