Home Bisnis 7 Usaha Sampingan Paling Menjanjikan
usaha sampingan menjanjikan

7 Usaha Sampingan Paling Menjanjikan

by Titis NP

Mengerjakan usaha sampingan di samping memiliki  pekerjaan utama bisa menjadi sebuah kesempatan berharga yang sayang dilewatkan begitu saja. Jika memang memiliki waktu luang cukup banyak, jangan sekadar dibuang begitu saja tak menghasilkan apapun, ya. Pasalnya, memanfaatkan waktu amat penting.

Ada beberapa rekomendasi usaha yang cocok dijadikan sebagai sampingan pekerjaan utama tentunya terbukti menghasilkan keuntungan. Khusus pada artikel kali ini akan kami ulaskan beberapa daftar rekomendasi terbaiknya. Simak sampai tuntas dan jika memungkinkan jangan segan untuk menjajalnya.

Daftar Usaha Sampingan Paling Menjanjikan

1. Penjahit

Rekomendasi usaha kecil yang cocok dijadikan sebagai pekerjaan sampingan ialah menekuni profesi sebagai penjahit. Ada banyak potensi pemasukan atau keuntungan yang bisa dioptimalkan dari bidang satu ini. Mulai dari jasa pembuatan atau bahkan permak baju untuk lingkungan sekitar yang profesional.

Bisa juga digunakan sebagai kursus untuk memberikan pengetahuan maupun praktikum pada orang lain yang tertarik pada bidang jahit satu ini. Jika di waktu luang bisa juga ketrampilan satu ini dimanfaatkan untuk membuat beragam hasil karya. Nantinya karya tersebut tentu bisa mulai dipasarkan ataupun dijual.

Jika memang memiliki passion dalam bidang busana satu ini akan sangat menguntungkan jika mau untuk ditekuni. Mau sekadar dijadikan sebagai pekerjaan kedua ataupun dijadikan sebagai pekerjaan utama sebenarnya bisa tetap menghasilkan. Promosi di sosial media juga amat dianjurkan demi cari konsumen.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Usaha Pertamini

Jenis usaha sampingan di rumah yang terbukti bisa menghasilkan keuntungan secara signifikan ialah membuka usaha Pertamini. Paling cocok jika membuka usaha ini memang wilayah atau domisili rumah harus lumayan jauh dari pusat pom bensin Pertamina. Tenang saja produk bensin ini akan tetap laku, kok.

Baca Juga  Modal Usaha Angkringan Menguntungkan Bagi Pemula (Cuan!)

Bahkan tak henti orang akan mencarinya. Asalkan layanan yang diberikan memang terbaik plus juga soal patokan harga jangan sampai terjadi perbedaan mencolok dengan harga reguler, ya. Sebagai permodalan juga tak begitu banyak. Untuk alat Pertamini-nya sendiri tersebut satu set biasanya dibanderol 5 juta rupiah.

Termasuk ekonomis lho dengan ukuran lumayan besar juga. Lagi pula bisa digunakan berkali-kali tanpa harus diganti maupun memerlukan biaya perawatan yang amat menguras kantong. Intinya jenis usaha ini layak dipertimbangkan untuk mengoptimalkan pemasukan di samping pemasukan utama dari gaji tetap.

Baca Juga : 9 Peluang Usaha Modal Kecil Profit Besar

3. Jasa Percetakan

Salah satu usaha sampingan karyawan yang tak kalah menjanjikan ialah membuka usaha jasa percetakan. Usaha ini bisa disesuaikan dengan kecenderungan skill masing-masing pemiliknya tentu saja. Bisa melayani mulai dari layanan fotokopi, cetak undangan atau foto, jasa pengetikan dan yang seterusnya.

Berbekal menyediakan satu mesin sekali beli bisa digunakan hingga bertahun-tahun lamanya. Tentu dari segi target pasar juga cukup banyak yang membutuhkannya. Untuk kegiatan perkantoran maupun juga belajar mengajar, ya. Bahkan juga untuk menunjang acara istimewa tertentu yang butuh sistem percetakan.

Terlebih jika memiliki tempat yang strategis dekat dengan aktivitas perkantoran maupun juga sekolah bisa semakin mengoptimalkan keuntungan. Lantaran dijadikan sebagai usaha kedua, maka bisa juga menyewa tenaga kerja yang dinilai bisa membantu menjalankan bisnis satu ini secara profesional bertanggung jawab.

Baca Juga : Cara Bisnis Online yang Menguntungkan dalam 9 Langkah Bagi Pemula

4. Budidaya Ikan Air Tawar

Ide peluang usaha sampingan yang sangat menjanjikan lagi ialah budidaya ikan air tawar. Ada banyak sekali macam ikan air tawar yang memang digemari oleh masyarakat. Artinya jenis ikan ini memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Misalnya ikan lele, ikan gurami, ikan mujair, ikan nila, ikan mas, ikan gabus, dan lainnya.

Baca Juga  Apa Itu Miliarder? Ini Cara yang Dilakukan Supaya Menjadi Miliarder

Pertimbangkan secara matang perihal permodalannya pula. Pikirkan bagaimana metode budidaya yang paling efektif. Perhitungkan sal pakan, bibit berkualitas, serta pemeliharaannya. Jika berhasil dan bisa panen dalam jumlah besar bukan tak mungkin untung besar juga bisa otomatis dikantongi saat itu juga, ya.

Ikan air tawar tersebut amat cocok untuk dijadikan sebagai suplai di beberapa rumah makan besar dengan kebutuhan bahan makanan yang cukup banyak secara berkesinambungan pula. Ikan air tawar yang masih segar memiliki cita rasa terbaik dan manis yang banyak digemari oleh konsumen, sehingga akan laku keras.

Baca Juga : 10 Ide Jualan Online Modal Kecil Paling Laris 2021

5. Produk Kerupuk Rumahan

Rekomendasi usaha sampingan modal kecil selanjutnya bisa juga dikerjakan dari rumah. Misalnya dengan memproduksi aneka ragam kerupuk atau keripik untuk kemudian dijual di pasaran. 

Mempertahankan rasa khas yang otentik tentu cukup banyak kalangan masyarakat yang menggemarinya. Perhatikan kualitasnya.

Terlebih jika bahan baku pembuatannya bisa dipanen dari hasil tenaga sendiri. Misalnya ada banyak jumlah panenan singkong atau bisa juga panenan ikan tawar. Nah, akan jauh lebih awet jika bahan tersebut dibuat menjadi produk khas berupa keripik maupun juga kerupuk. Sangat cocok dijadikan sebagai camilan sehat.

Aneka produk yang diolah serta menggunakan bahan organik hasil panen sendiri tersebut memiliki kandungan gizi yang lebih terjaga. Daripada mengandalkan beragam snack yang belum tentu aman lantaran banyak sekali mendapat tambahan untuk memberi manipulasi rasa yang disuguhkan.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Minim Keuntungan Maksimal

6. Jual Souvenir

Contoh selanjutnya untuk jenis usaha sampingan yang menjanjikan ialah menawarkan beragam opsi souvenir untuk calon klien. Souvenir ini banyak dibutuhkan untuk acara yang istimewa. Entah itu dalam acara pernikahan, kelahiran anak, acara komunitas tertentu, reuni sekolah, acara keluarga, dan acara lainnya.

Baca Juga  7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

Meskipun mungkin tak bisa setiap hari ada orderan yang membutuhkan souvenir tersebut, namun hal ini justru bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan, lho. Bisa dikerjakan secara santai. Namun, sekali ada orderan tentu saja namanya souvenir pasti butuh dalam jumlah yang banyak sekaligus di suatu acara itu.

Tips yang bisa diterapkan jika menekuni bisnis sampingan satu ini harus meluaskan hubungan dengan para pengrajin utama beragam souvenir tersebut. Inilah kunci bisa mendapatkan produk souvenir berkualitas namun dengan harga cukup miring. Jadinya tetap dapat keuntungan dari selisih harga yang dipatok kelak.

Baca Juga : 15 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Menjanjikan dan Paling Laris Saat Ini

7. Jual Jajanan Anak

Jika memiliki domisili rumah yang terbilang strategis kenapa tak mau memanfaatkannya untuk mendulang keuntungan lebih? Bisa digunakan sebagai lapak untuk berjualan beragam jenis jajanan yang digemari oleh anak-anak. Pastikan jika harganya cukup terjangkau serta aman untuk dikonsumsi seusia anak-anak.

Jenis jajanan ini juga ada banyak sekali ragamnya. Menjual jajanan sehat semisal jagung susu keju juga sangat menguntungkan lantaran pasti laku keras, lho. Jajanan semisal ini juga memiliki kandungan gizi berimbang yang bagus untuk mendukung pertumbuhan anak-anak. Bisa juga membuat klepon tradisional.

Jajanan dengan nuansa manis tersebut tentu banyak diminati oleh anak-anak. Yang terpenting dibuat dengan bahan alami dan aman, ya. Bisa juga misal untuk jajanan gurih membuat menu sosis bakar agar minim kandungan minyak berlebihnya. Untuk jenis saus, bisa dibuatkan dari bahan tomat fresh agar aman.

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan

Siapa bilang usaha sampingan tak bisa dimaksimalkan untuk meraup sebanyak mungkin keuntungan? Justru usaha yang dikerjakan di samping pekerjaan utama tersebut bisa melengkapi serta mengoptimalkan pemasukan dan membuat waktu kosong lebih berguna. Pengerjaannya juga bisa tetap sambil santai, kok.

Related Posts