Home Bisnis 10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula
usaha unik di desa

10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

by Titis NP

Mendirikan usaha unik di desa butuh persiapan yang matang. Mulai dari modal, ide usaha yang, serta strategi pemasaran jitu untuk meningkatkan penjualan. Baca tips berikut ini untuk menemukan cara membangun usaha di desa beserta rekomendasi ide usaha yang menguntungkan.

Cara Membangun Usaha Unik di Desa

Infrastruktur di desa tak selengkap di kota. Begitu pula dengan daya beli masyarakatnya yang tak terlalu tinggi. Tapi kedua hal itu bukanlah halangan untuk membangun usaha yang unik di desa. Lakukan beberapa langkah berikut ini supaya bisnis berkembang pesat walau beroperasi di desa.

1. Analisis Potensi Desa dan Kebutuhan Pasar

Sebelum menemukan ide usaha unik di desa yang tepat, analisis potensi desa yang akan dijadikan tempat usaha. Gunakan metode analisis SWOT untuk mendata apa saja kelebihan, kekurangan, serta peluang dan tantangan membangun usaha di desa tersebut.

Misalnya saja, kelebihan desanya yaitu terletak di daerah pegunungan dan memiliki tanah yang subur. Kekurangannya adalah minimnya jaringan internet. Tapi desa tersebut berpeluang menjadi desa wisata yang unik dan tantangannya adalah bersaing dengan desa wisata sebelah.

2. Siapkan Modal Usaha

Semua usaha pasti membutuhkan modal. Semakin besar modal usahanya tentu semakin baik. Jika belum mempunyai modal yang cukup, jangan ragu untuk mencari pinjaman modal usaha dari lembaga pembiayaan terpercaya. Salah satunya meminjam dana dari Gadai Kendaraan.

Anda bisa meminjam modal usaha hingga Rp100 juta hanya dengan menggadaikan BPKB motor atau mobil yang masih aktif. Syarat pengajuannya juga mudah dan prosesnya cepat, sehingga bisa diandalkan kapanpun Anda butuh. Untuk info selengkapnya, cek http://gadaikendaraan.com.

Baca Juga  Cara Cek Bantuan UMKM Online & Syarat Pencairannya!

3. Lakukan Strategi Pemasaran Online

Meskipun beroperasi di desa terpencil, usaha yang dijalankan juga berpotensi menjangkau banyak pelanggan dari luar daerah dan bahkan luar negeri. Bagaimana caranya? Tentunya dengan mengandalkan strategi pemasaran online yang tepat, mulai dari web, media sosial, dan marketplace.

Untuk itu, pelajari lebih lanjut strategi optimasi pemasaran online terkini untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Di samping itu, terus tingkatkan kualitas produk dan jasa, sehingga tetap menjadi pilihan banyak pelanggan.

Baca Juga : 5 Peluang Usaha Modal 200 Ribu yang Menguntungkan bagi Pemula

Rekomendasi Usaha Unik di Desa

Tiga langkah membangun usahanya sudah tahu, sekarang bagaimana dengan ide usahanya? Masih bingung ingin mendirikan usaha apa di desa? Berikut 10 rekomendasi usaha yang cukup unik di desa yang bermodal kecil dan menguntungkan bagi pemula.

1. Menjual Makanan Khas Daerah Setempat

Ide usaha unik di desa paling menjanjikan yang pertama adalah menjual makanan khas daerah. Misalnya, Padang terkenal dengan rendang atau Jogja terkenal dengan gudegnya. Coba kreasikan kuliner tersebut menjadi makanan kaleng yang bisa tahan lama dan dijual ke berbagai daerah.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Murah dan Menguntungkan 2021

2. Budidaya Ikan atau Hewan Ternak

Lahan di desa juga lumayan luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk budidaya hewan ternak, seperti ayam atau kambing. Anda juga bisa mendirikan usaha budidaya ikan hias yang kini banyak digemari. Atau jika ingin budidaya ikan biasa seperti lele, bandeng, mujair, dll juga tak kalah menguntungkan.

3. Budidaya Sayur dan Buah-Buahan Organik

Jika tanah desanya subur, ini adalah kesempatan emas untuk memaksimalkan pertanian. Coba tanam sayur dan buah-buahan sesuai potensi daerah setempat. Gunakan sistem pertanian organik agar hasil tanaman lebih sehat dan bebas bahan kimia.

Tambahkan juga cara pengemasan modern dan higienis, sehingga bisa menggaet lebih banyak pelanggan, terutama dari orang-orang kota. Bahkan, produk sayur dan buah-buahan organik tersebut juga berpotensi dijual ke berbagai supermarket. Tentu nilai jualnya akan semakin tinggi.

Baca Juga  12 Peluang Usaha Modal 20 Juta yang Menguntungkan (Auto Cuan!)

Baca Juga : 10 Usaha Anak Muda Kreatif Tanpa Modal dan Menguntungkan

4. Budidaya Tanaman Hias

Sejak pandemi Covid-19, banyak orang mendadak hobi menanam dan mengoleksi tanaman hias. Mulai dari yang tiba-tiba suka membeli kaktus, sukulen, dll. Kebiasaan ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan lho! Apalagi, harga tanaman hias sekarang cenderung naik.

Coba budidaya beberapa tanaman hias yang sedang populer, seperti monstera, janda bolong, keladi merah, dll. Rawat secara maksimal agar hasilnya bagus dan aktif memfotonya, lalu unggah ke media sosial. Para pecinta tanaman hias pun berpeluang memborong tanaman Anda.

5. Membangun Wisata Edukasi Pertanian

Jika hasil pertanian Anda menunjukkan hasil yang bagus, tak ada salahnya untuk mengembangkan wisata edukasi pertanian. Buka program edukasi tentang pertanian, mulai dari cara menanam, merawat, hingga memasaknya menjadi makanan sehat.

Ide usaha unik di desa yang satu ini biasanya diminati banyak orang, terutama dari kalangan akademisi yang tinggal di perkotaan. Wisatawan yang ingin belajar bertani dan menikmati suasana kehidupan di desa lebih dekat juga tertarik mengikuti program edukasi semacam ini.  

Baca Juga : 12 Ide Usaha Modal 500 Ribu yang Menguntungkan Bagi Pemula

6. Menjual Kerajinan Tangan Unik

Rekomendasi usaha unik di desa selanjutnya yaitu menjual aneka kerajinan tangan unik. Misalnya, membuat kerajinan tas anyaman, kreasi gerabah dari tanah liat, dsb. Sesuaikan saja dengan bahan potensial yang ada di desa dan ciptakan satu produk berkualitas tinggi dari bahan unggulan tersebut.

Utamakan untuk mengolahnya secara manual dengan tangan, sehingga nilai jualnya lebih tinggi dan berdaya saing. Karena produk-produk handmade seperti ini tak pernah kehilangan pasar, terutama bagi mereka yang suka mengoleksi barang antik dan unik.

7.  Membangun Wisata Desa

Hampir sama dengan wisata edukasi sebelumnya, tapi lebih luas dan tak terbatas pada pertanian. Misalnya dengan membuat program jalan-jalan keliling desa, mempersilahkan wisatawan tinggal dan hidup bersama warga lokal, dll. Buat program wisata seunik mungkin untuk menarik wisatawan.

Baca Juga  9 Kisah Sukses Investor Saham Dunia

Baca Juga : 12 Peluang Usaha Modal 20 Juta yang Menguntungkan (Auto Cuan!)

8.  Membuka Agen Wisata

Jika mulai bermunculan banyak tempat wisata di desa, coba bangun agen wisata sendiri. Buat program perjalanan dengan menyiapkan transportasi dan kerjasama dengan wisata setempat untuk mendapatkan diskon spesial. Sehingga Anda bisa menjual tiket lebih murah kepada pelanggan.

9.  Mendirikan Kafe Instagramable

Di era media sosial seperti sekarang, banyak anak muda suka nongkrong di kafe-kafe hits yang punya pemandangan epik. Salah satunya adalah kafe dengan panorama desa nan cantik. Mulai dari kafe yang menyajikan spot foto berlatar pegunungan hingga area perkemahan tepi pantai.

Jika ingin membuka usaha ini, lakukan promosi online secara aktif untuk menarik wisatawan luar. Ingat, jangan terpaku menggaet pelanggan dari kalangan sendiri. Tapi fokus untuk membidik wisatawan luar yang suka melancong ke desa-desa untuk melepas penat.

Baca Juga : 7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

10.  Bisnis Daur Ulang Sampah

Ide usaha unik di desa yang kesepuluh yaitu memanfaatkan sampah menjadi berbagai produk berdaya guna. Misalnya, mengubah sampah organik menjadi pupuk, sampah popok bayi menjadi pot bunga, hingga sampah plastik menjadi tas cantik.

Selain menjanjikan keuntungan, bisnis seperti ini juga berdampak positif untuk kelestarian lingkungan. Tentu sangat potensial jika dikerjakan di desa, karena lahan yang masih luas dan proses produksinya tak mengganggu aktivitas warga.

Baca Juga : 15 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Menjanjikan dan Paling Laris Saat Ini

Mendirikan usaha unik di desa butuh niat dan usaha yang keras. Meskipun daya beli masyarakat desa rendah, Anda tetap bisa menggaet pelanggan dari luar daerah.  Untuk itu, siapkan modal usaha yang cukup untuk menjalankan strategi pemasaran online secara maksimal.

Related Posts